HISFARSI JAWA TIMUR
Himpunan Seminat Farmasi Rumah Sakit Pengurus Daerah Jawa Timur

Webinar Hisfarsi Jatim #4 : “Manajemen Thalassemia dan Terapi Kelasi Besi”

Waktu Pelaksanaan
Thursday, 24 September 2020

Tempat Pelaksanaan
Via Zoom Meeting

Jumlah SKP
2 SKP
Sekilas Kegiatan

Sampai saat ini di Indonesia terapi utama bagi pasien thalassemia masih dengan transfusi darah, walaupun saat ini di dunia sudah mulai berkembang transplantasi sumsum tulang, yaitu mengganti sumsum tulang pasien dengan sumsum tulang orang normal yang matching. Akan tetapi, transplantasi sumsum tulang masih terkendala biaya. Meskipun diperlukan, transfusi darah yang dilakukan berulang kali dapat menyebabkan penumpukan zat besi di dalam tubuh. Kondisi ini bisa menimbulkan komplikasi berupa penyakit liver atau penyakit jantung.

Untuk mencegahnya, penderita perlu mendapatkan terapi kelasi. Obat yang diberikan dalam terapi ini bisa dalam bentuk tablet maupun suntik, dan berfungsi untuk menarik zat besi dari dalam tubuh. Contoh obatnya adalah deferiprone, deferasirox, dan deferoxamine. Terapi kelasi akan dimulai satu atau dua tahun setelah penderita menjalani transfusi darah rutin.

Apoteker memiliki peran yang penting dalam menunjang kepatuhan pasien dalam menggunakan terapi kelasi besi. Berkaitan dengan hal tersebut HISFARSI PD IAI Jatim bekerja sama dengan PT. Kalbe Farma Indonesia.

Kegiatan ini dapat diharapkan mampu Apoteker Indonesia khususnya di daerah Jawa Timur untuk mampu berperan lebih dalam menangani pasien thalasemi di RS dengan baik dan benar sesuai standar yang berlaku.

Pembukaan:
apt. Drs. Ali Syamlan, SE, MARS

Materi dan Narasumber:

  • “Thalasemia dan Penatalaksaan Terapi”

Oleh Dr. dr. Mia Ratwita Andarsini, SpA(K)

  • “Aspek Farmasi Penggunaan Obat Thalasemia”

Oleh Apt. Mariyatul Qibtiyah, S.Si., SpFRS

  • “Deferasirox sebagai Agen Kelasi Besi Penunjang Kepatuhan Minum Obat Pasien Thalassemia”

Oleh dr. Hastarita Lawrenti

Petunjuk Teknis Pendaftaran

MOHON PERHATIAN

  • Peserta dimohon untuk mengisi data dengan benar dan valid, terutama Nama, No Handphone (WA aktif) dan Alamat email. Hal ini dikarenakan tujuan pengiriman eSertifikat. Panitia TIDAK bertanggung jawab terhadap kesalahan penulisan nama lengkap beserta gelar pada eSertifikat. Mohon berhati-hati
  • Satu alamat email hanya untuk 1 peserta. Mohon tidak mendaftar ganda.
  • Setelah mengisi form registrasi maka pihak peserta akan mendapat email konfirmasi beserta link join webinar dan passcode. Pihak panitia akan mengirimkan email pengingat 1 hari dan 1 jam sebelum webinar dimulai. Pendaftaran akan ditutup apabila acara telah dimulai
  • Webinar ini berkapasitas 1000 peserta. Bagi peserta yang ingin bergabung namun kuota telah mencapai batas maka panitia menyediakan layanan broadcast melalui Youtube live Channel Hisfarsi Jatim.
  • Pendaftaran dapat ditutup sewaktu waktu jika kuota sudah terpenuhi
  • Peserta webinar berhak mendapatkan sertifikat dari IAI (2 SKP) setelah memenuhi persyaratan registrasi, presensi dan post test.
  • Link presensi dan post test akan diberikan sewaktu acara berlangsung
  • Post test akan ditutup pada pukul 23.59 WIB pada hari yang sama
  • eSertifikat akan dibagikan max 1 bulan setelah acara (karena perlu diverifikasi kepersertaan dan hasil post test)